World Glaukoma Week (WGW) atau pekan glaukoma selalu diperingati setiap minggu kedua di bulan Maret. Tahun ini diperingati pada 6 sampai 12 Maret 2022. Pekan glaukoma selalu digunakan untuk kampanye deteksi dini mengenai glaukoma. Hal ini pun juga dilakukan RSUD Tabanan setiap tahunnya.
Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Glaukoma “Si Pencuri Penglihatan”. Dalam rangka memperingati pekan glaukoma sedunia, TIM PKRS RSUD Tabanan dengan Narasumber dokter spesialis mata RSUD Tabanan yaitu dr. I Putu Rustama Putra, M.Biomed, Sp.M dan dr. Ni Wayan Sedani, M.Biomed, Sp.M, melaksanakan kegiatan penyuluhan untuk pasien dan keluarga di ruang tunggu poliklinik.
Dalam paparannya, dr.I Putu Rustama Putra, M.Biomed, Sp.M dan dr. Ni Wayan Sedani, M.Biomed, Sp.M mengungkapkan bahwa deteksi dini glaukoma penting untuk dikampanyekan kepada masyarakat. Sebab, glaukoma mengancam kebutaan secara permanen, kalau katarak masih bisa diobati, kalau glaukoma tidak bisa, bila sudah mengalami kebutaan maka akan permanen.
Dengan mengetahui gejala glaukoma maka kita dapat segera melakukan deteksi dini dengan konsultasi ke Dokter Spesialis Mata.