PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE 56 TAHUN 2020 DAN HUT BRSUD KAB TABANAN KE-67

PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE 56 TAHUN 2020 DAN HUT BRSUD KAB TABANAN KE-67

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap 12 November. Peringatan HKN ke-56 tahun 2020 ini mengusung tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”. Pada perayaan HKN tahun ini, pemerintah juga mengambil sub tema yang masih berhubungan dengan pandemi Covid-19, yaitu “Jaga Diri, Keluarga dan Masyrakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Dalam rangka memperingati HKN ke-56 tahun 2020, BRSUD Kab.Tabanan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan menyelenggarakan serangkaian kegiatan meliputi: Pembukaan HKN ke-56, donor darah, tali kasih ke UPTD Pelayanan Sosial Kampung Investasi Hati Tabanan, HUT BRSUD Tabanan ke-67, Pelantikan Komite Medik Komite Keperawatan, Komite TPKL dan Webinar Kesehatan Jiwa secara virtual. Rangkaian kegiatan HKN diawali dengan acara Pembukaan HKN yang dilaksanakan pada Kamis, 26 Nopember 2020 pukul 08.00 Wita. Kegiatan Pembukaan HKN ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan bersama Direktur BRSUD Kab. Tabanan dan disiarkan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting.

Kegiatan kedua dilanjutkan dengan donor darah yang berlangsung pukul 08.30 Wita s/d selesai bertempat di Ruang Pertemuan BRSUD Tabanan. Kegiatan donor darah ini mengusung tema “Setiap Tetes Darah Kita Sangat Berarti Bagi Sesama” dan diikuti oleh peserta dari KODIM 1619 Tabanan Polres Tabanan, Rindam IX Udayana, dan OPD di wilayan Kabupaten Tabanan. Dalam kegiatan donor darah pada situasi pandemi COVID-19 ini, PMI telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar kegiatan donor darah tetap berjalan aman. Prosedur ini digunakan untuk melindungi pendonor dan tenaga kesehatan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebelum dapat mendonorkan darah, para calon pendonor akan melalui serangkaian prosedur yaitu : para peserta dan petugas wajib memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir atau handsanitizer, menjalani pengecekan suhu tubuh, pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pengecekan kadar hemoglobin (Hb), tekanan darah dan menjaga jarak fisik selama proses donor darah berlangsung.

Di tempat yang berbeda, pada Kamis 26 Nopember 2020 juga berlangsung kegiatan pemberian bingkisan kepada para lansia yang tinggal di UPTD Pelayanan Sosial Kampung Investasi Hati Tabanan. Pemberian bingkisan ini diwakili oleh Wadir Penunjang BRSUD Tabanan dan 5 orang panita yang bertugas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tampak terlihat bahwa para lansia senang menyambut kedatangan kami.

Pelaksanaan kegiatan HKN tahun ini dirangkaikan dengan perayaan HUT BRSUD Tabanan ke-67, Pelantikan Komite Medik, Komite Keperawatan, dan Komite TPKL. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 27 Nopember 2020 bertempat di Ruang Pertemuan BRSUD Tabanan dan disiarkan melalui Zoom Cloud Metting. Pada acara peringatan HUT BRSUD Tabanan ini disampaikan sambutan dari Direktur, Pencapaian Kinerja BRSUD Tabanan pada Tahun 2020, pemotongan tumpeng, pemberian cindera mata bagi dokter dan karyawan BRSUD Tabanan yang telah memasuki purnabakti.

Rangkaian kegiatan terakhir dari peringatan HKN ke-56 yaitu pelaksanaan Webinar Kesehatan Jiwa. Webinar ini mengusung tema : “Kesehatan Jiwa Mengenali dan Mengatasi Gangguan Cemas di Era Pandemi Covid-19”. Narasumber dalam webinar ini adalah dr. A.A Dwi Ratih Arningsih, M.Biomed, Sp.Kj. Beliau merupakan dokter spesialis kedokteran jiwa BRSUD Tabanan. Untuk kegiatan webinar ini, panitia telah menyiapkan Room Zoom dengan kapasitas 1.000 orang peserta yang meliputi tenaga kesehatan dan umum. Webinar ini tidak dipungut biaya/gratis dan para peserta akan memperoleh e-sertifikat. Diharapkan dengan pelaksanan webinar ini, para peserta dapat menerapkan hal-hal yang dianjurkan oleh dokter terkait cara mengatasi gangguan cemas di Era Pandemi Covid-19.