HASIL PENCAPAIAN SPM DI BRSU TABANAN PERIODE JANUARI – DESEMBER 2017

NO JENIS SASARAN MUTU TARGET SPM STANDAR HASIL
  PELAYANAN     BRSU TBN PENCAPAIAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instalasi GawatDarurat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.        Pemberi pelayanan kegawat daruratanbersertifikat ATLS/BTLS/ACLS/PPGD GELS

yg masih berlaku

 

 

 

100% 

 

 

 

 

100%                    ATLS 51.94 %
ACLS 18.30 %
BTCLS 54.76 %
2.        Waktu tanggap pelayanan dokter digawatdarurat ≤ 5 mt, sth px datang ≤ 5 mt, sth px datang 1.41 menit
3.     Kepuasan pelanggan pada gawat darurat ≥ 70 % ≥ 70 %  75.90 %
4.     Jam buka pelayanan gawat darurat 24 jam 24 jam  24 jam
5.     Ketersediaan  tim penaggulangan bencana 1 Tim 1 Tim  1 Tim
6.     Kematian pasien di IGD ≤ 24 jam ≤ 2/1000 ≤ 2/1000  3.08/1000
7.     Tidak adanya keharusan membayar uangmuka 100% 100%  100 %
8.     Kemampuan menagani life saving 100% 100%  100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PelayananRawat Jalan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Waktu tunggu rawat jalan ≤ 60 mt ≤ 60 mt  9.22  mt
2.     Pasien rawat jalan tuberkolosis yang ditanganidengan strategi DOTS 100% 100%  100 %
3.     Kepusan pelanggan pada rawat jalan ≥90% ≥90%  85.10 %
4.     Ketersedian pelayanan  Anak,penyakit dalam, kebidanan dan bedah Anak,penyakit dalam, kebidanan dan bedah 18 Spesialis
5.     Pemberi pelayanan di klinik spesialis 100% 100%  100 %
6.     Buka pelayanan sesuai ketentuan 08.00 s/d 14.00 wita 08.00 s/d 14.00 wita 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PelayananRawat Inap

Angrek

Cempaka

Dahlia

Bougenvile

GT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Ketersediaan pelayanan rawat inap  Anak,penyakit dalam,kebidanan dan bedah Anak,penyakit dalam, kebidanan dan bedah 18 Spesialis
2.     Pemberi pelayanan rawat inap 

 

 

 

 

Tenaga spesialis. Tenaga spesialis. 100% 100 %
Tenaga keperawatanminimal D3 kep/keb Tenaga keperawatanminimal D3 kep/keb 100%  97.77 %
3.     Dokter penanggung jawab pasien rawat inap 

 

100% 

 

100% 

 

 

 100 %
4.     Jam visite dokter spesialis 08.00 s/d 14.00 100% 100%   97.46 %
5.     Kepuasan pelaggan ≥ 90% ≥ 90%  85.82 %
6.     Kejadian infeksi pasca operasi( ruang BGV, Cempaka dan Gryatama) ≤  1,5% ≤  1,5%  0.35 %
7.     Angka Kejadian infeksi nosokomial-IADP

-VAP

-HAP

-ISK

-IDO

– Dekubitus

– Plebitis

 

 

≤  1,5% 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

≤0,5 ‰

≤15 ‰

≤1 ‰

≤1 ‰

≤ 0,5%

0,5 ‰

0,5 ‰

 

 

 

0.00 ‰–

0.00 ‰

0.00 ‰

0.35%

0,13 ‰

0,01 ‰

 

8.    Tidak adanya kejadian pasien jatuh yangberakibat kecacatan / kematian 100% 100%  96.70 %
9.     Kejadian pulang paksa ≤ 5% ≤ 5%  0.36 %
10.   Kematian pasien ≥ 48 jam ≤ 0,24% ≤ 0,24%  0.33 %
11.   Pasien rawat inap tubercolosis yang ditanganidengan strategi DOTS ( gryatama, anggrek

dan dahlia)

100% 

 

100% 

 

100 %
 
PelayananIntensif 1.     Pemberi pelayanan unit intensif 100% 100%  47.61 %
2.    Rata – rata pasien yang kembali ke perawatanintensif dengan kasus yang sama < 72 jam ≤ 3 % ≤ 3 %  0.00 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Persalinan danPerinatologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.    Pemberi pelayanan persalinan normal  Dokter Sp.OG/Dokter Umum/ Bidan Dokter Sp.OG/Dokter Umum/ Bidan 100 %
2.  pemberi pelayanan persalinan dengan penyulit Tersedia Tersedia  42.61 %
3.  Kemampuan menangani  BBLR 1500 gr  s/d2500 gr 100% 100%  92.17 %
4.  Pemberi pelayanan persalinan dengantindakan operatif Dokter Sp.OGDokter SPA

Dokter Sp. An

Dokter Sp.OGDokter SPA

Dokter Sp. An

100 %
5.  Pertolongan persalinan melalui seksio caesaria ≤ 20 % ≤ 20 %  61.02 %
6.  Keluarga berencana 100% 100%  100 %
7.  Konseling KB mantap 100% 100%  100 %
8.  Kematian ibu karena persalinan 

 

a.Perdarahan ≤ 1% a.Perdarahan ≤ 1%  0.00 %
b.Pre eklamsi ≤ 30% b.Pre eklamsi ≤ 30%  0.02 %
c.Sepsis ≤ 0,2% c.Sepsis ≤ 0,2%  0.00 %
9.Kepuasan pelaggan ≥ 80% ≥ 80%  80.76 %

 

 

 

 

 

LaboratoriumPatologi Klinik

 

 

 

 

 

1.   Pelaksana ekspertisi hasil pemeriksaan laboratorium 100% 100%  71.36
2.   Tidak adanya kesalahan penyerahan  hasil pemeriksaanlaboratorium 100% 100%  100.00
3.    Kepuasan pelanggan terhadap pelayananlaboratorium ≥ 80% ≥ 80%  81.54
4.    Waktu tunggu hasil pelayanan laboraturium ≤ 140 menit ≤ 140 menit  57.57

 

 

 

 

 

 

Radiologi 

 

 

 

 

 

 

1.    Waktu tunggu hasil pelayanan foto thorax ≤ 3 jam ( 180 mt) ≤ 3 jam (180 mt )  46.17 menit
2.   Kejadian kegagalan pelayanan rontgen ≤ 2 % ≤ 2 %  1.36 %
3.     Pelaksana ekspertisi hasil pemeriksaan 100% 100%  84.57 %
4.     Kepuasan pelangan ≥ 80% ≥ 80%  83.87 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Farmasi 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Waktu tunggu pelayanan obat jadi ≤ 30 menit ≤ 30 menit  12.36 menit
2         Waktu tunggu pelayanan obat Racikan ≤ 60 menit ≤ 60 menit  24.82 menit
3         Tidak ada kejadian kesalahan pemberian obat 100% 100%  100 %
4         Ketersediaan formularium 100% 100%  100 %
5        Kepuasan pelanggan di farmasi ≥ 80% ≥ 80%  82.06 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PelayananBedah Central

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.   Waktu tunggu operasi elektif ≤ 2 hari ≤ 2 hari  2.10 hari
2.   Tidak adanya kejadian oprasi salah sisi ≤ 100% ≤ 100%  100 %
3.   Tidak adanya kejadian oprasi salah orang ≤ 100% ≤ 100%  100 %
4.   Tidak adanya kejadian salah tindakan pada operasi ≤ 100% ≤ 100%  100 %
5.   Tidak adanya kejadian tertinggalnya benda asing padatubuh pasien setelah opeasi ≤ 100% ≤ 100%  100 %
6.   Komplikasi anasthesi karena over dosis, reaksianathesi, salah penempatan ETT ≤ 6% ≤ 6%  0.00 %
7.    Kejadian kematian di meja operasi ≤ 1% ≤ 1%  0.00 %
10 

 

 

 

 

 

Pengemdaliandan Pencegahan

infeksi

 

 

 

 

1.        Adanya anggota tim PPI yang terlatih  Tim PPI yg terlatih 70 % Tim PPI yg terlatih 70 % 97.92 %
2.        Ketersediaan APD di setiap instalasi/departemen ≥ 60% ≥ 75%  83.63 %
3.        Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksinosokomial/health care associated infection

(HAI) di rumah sakit

≥ 75%  ≥ 75%  100 %
11 

 

 

 

 

 

 

PelayananRekam Medis

 

 

 

 

 

 

1.        Waktu penyediaan dokumen Rekam medik rawatjalan ≤ 10 menit ≤ 10 menit  2.08
2.        Waktu penyediaan dokumen rekam medikpelayanan rawat inap ≤ 15 menit ≤ 15 menit  1.58
3.        Kelengkapan pengisian rekam medik 24 jam setelahselesai pelayanan 100% 100%  87.34
4.        Kelengkapan informed concent setelah mendapatinformasi yang jelas 100% 100%  66.06
12 

 

 

 

 

Pelayanan PemeliharaanSarana Rumah

Sakit

 

1.        Waktu tanggap kerusakan alat ≤ 15 menit ≥ 80% ≥ 80%  100 %
2.        Ketepatan waktu pemeliharaan alat sesuai jadwalpemeliharaan 100% 100%  100 %
3.        Alat ukur dal alat laboratorium yang dikalibrasi tepatwaktu 100% 100%  100 %
13 

 

 

 

PelayananGizi

 

 

 

1.        Ketepatan waktu pemberian makanan pada pasien (Pagi 05.30-07.00,Snack I 09.00-10.00. ≥ 90% ≥ 90%  100 %
2.       Tidak adanya  kesalahan pemberian diet 100% ≥ 100 %  100 %
3.       Sisa makanan yang tidak dimakan oleh pasien ≤ 20 % ≤ 20 %  12.10 %
14 

 

Unit TransfusiDarah 1.   Kejadian reaksi transfusi ≤ 0,01% ≤ 0,01%  0.00 %
2.   Pemenuhan kebutuhan darah bagi setiap pelayanantransfusi 100% 100%  75.17 %
15 Pelayanan gakin 1.   Ketersediaan terhadap pasien GAKIN yang datang keRS pada setiap unit pelayanan 100% 100%  100%
16 

 

 

 

PengelolaanLimbah

 

 

 

1.   Pengelolaan limbah padat Sesuai peraturan Sesuai peraturan  100 %
2.   Baku mutu limbah cair 

 

 

 

 

 

 

a.      BOD < 30 mg/l a. BOD < 30 mg/l  18.08 mg/l
b.    COD < 80 mg/l b. COD < 80 mg/l  55.91 mg/l
c.    TSS< 30 mg/ld. c. TSS< 30 mg/ld.  20.42 mg/ld.
d.        PH 6-9 d.   d. PH 6-9  7.28
17 

 

 

 

PelayananAmbulance dan

Mobil Jenazah

 

1.   Waktu pelayanan ambulance/kereta jenazah 24 jam 24 jam  24 jam
2.   Kecepatan memberikan pelayanan ambulance / mobiljenazah di rumah sakit. 100% 100%  100 %
3.   Respon Time pelayanan ambulans kepada masyarakatyang membutuhkan ≤ 5 menit 100% 100%  100 %
18 Perawatan Jenazah 1.   Waktu tanggap pelayanan pemulasaraan jenazah ≤ 2 jam ≤ 2 jam  1 jam 48 menit
19 Pelayanan Laundry/ 1.   Tidak adanya kejadian linen yang hilang 100% 100%  100%
House Keeping 2.   Ketepatan waktu penyediaan linen untuk ruang rawatinap dan ruang  pelayanan 100% 100% 100%
20 

 

 

 

PelayananRehabilitasi Medis

 

 

 

1.   Tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitasimedik 100% 100%  100 %
2.   Kejadian Drop Out pasien terhadap pelayananRehabilitasi Medik yang di rencanakan ≤ 50 % ≤ 50 %  9.17  %
3.   Kepuasan pelanggan rehabilitasi medis ≥ 80% ≥ 80%  76.97  %
21 

 

 

 

 

 

 

 

Administrasi danManajemen

 

 

 

 

 

 

 

1.    Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi 100% 100%  100 %
2.    Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat 100% 100%  100 %
3.    Ketepatan waktu pengurusan kenaikan gaji berkala 100% 100%  100 %
4.    Ketepatan waktu penyelesaian laporan keuangansetiap bulan tgl 20 bulan berikutnya 100% ≥ 100%  100 %
5.    Kecepatan waktu pemberian informasi tagihan pasienrawat inap ≥ 2 jam ≥ 2 jam  1 jam
 

 

 

 

 

 

6.    Cost Recovery ≥ 40% ≥ 40%  103.25 %
7.    Meningkatkan jumlah karyawan yang mendapatpelatihan minimal 20 jam setahun ≥ 60% ≥ 60%  90 %
8.    Kelengkapan pelaporan akuntabilitas kinerja A ( 100% ) A ( 100% )  100 %
9.    Ketepatan waktu pemberian jasmed/ jaspel (setiaptanggal 27) 100%  100% 

 

100 %
PENCAPAIAN             =   75         X          100 %               = 81,52 %

                                           92