HASIL PENCAPAIAN SPM 2016 DI BRSUD KAB.TABANAN

HASIL PENCAPAIAN SPM

DI BRSU TABANAN

TAHUN 2016

 

  1. Pelayanan Instasi Gawat darurat (IGD).
No INDIKATOR STANDAR SPM Hasil Capaian

 

1 Kemampuan life saving di anak dan dewasa 100% 93,64 % 
2 Jam buka pelayanan Gawat Darurat 24 jam 24 jam 
3 Pemberi pelayanan kegawat daruratanYang bersertifikat yang masih berlaku

ATCLS/BTCLS/ACLS/PPGD

100%a.      Perawat

b.      Dokter

ATLS

ACLC

a.       65,15 %

b.      Dokter

ATLS : 41 %

ACLS :35,5 %

4 Ketersediaan dan penanggulanganBencana 1  tim 1 tim
5 Waktu tanggap pelayanan dokter  di Gawat Darurat ≤ 5 menit setelah pasien datang 3,31 menit
6 Kepuasan pelanggan ≥ 70 % 75,89 % 
7 Kematian pasien kurang dari 24 jam ≤ 2 / 1000 3.8 / 1000 
8 Tidak adanya pasien yang diharuskanMembayar uang muka 100% 100%

 

  1. Pelayanan Rawat Jalan.
NO INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Dokter pemberi pelayanan di poliklinik spesialis 100% dokter spesialis 100% 
2 Ketersediaan  pelayanan rawat jalan Minimal kesehatan anak, penyakit dalam, kebidanan dan bedah 18 Spesialis
3 Jam buka pelayanan 08.00-13.00 setiap hari kerja 100% 
4 Waktu tunggu di rawat jalan ≤ 60 menit 13,8 menit 
5 Penegakan diagnose TB melalui pemeriksaan mikroskopis TB ≥ 60% 100%
6 Terlaksananya kegiatan pencatatan  dan pelaporan TB di rumah sakit ≥ 60 % 97,5 %
7 Kepuasan  pelanggan ≥ 90 % 81.09 % 

 

  1. Pelayanan Rawat Inap.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil capaian
1 Pemberi pelayanan di rawat inap a.    Dokter spesialisb.    Perawat minimal D3 a.       100%b.      96,74 %

 

2 Dokter penanggung jawab pasien rawat inap 100% 100%
3 Ketersediaan pelayanan rawat inap a.      Anakb.     Penyakit Dalam

c.      Kebidanan

d.     Bedah

100 %
4 Jam visite dokter spesialis 08.00 s/d 14.00(setiap hari kerja) 95,75 % 
5 Kejadian infeksi pasca oprasi ≤ 1,5 % 0 %
6 Angka kejadian infeksi nosokomial-IADP

-VAP

-HAP

-ISK

-IDO

– dekubitus

– plebitis

≤ 1,5 % ≤0,5 ‰

≤15 ‰

≤1 ‰

≤1 ‰

≤ 0,5%

0,5 ‰

0,5 ‰

0 ‰

33,29 ‰

0 ‰

1,4 ‰

2,11%

4,5 ‰

1,72 ‰

7 Tidak adanya pasien jatuh yang berakibatKecacatan/kematian 100% 100%
8 Kematian pasien  ≥ 48 jam ≤ 0,24 %≤ 2,4/1000

(international)

NDR ≤ 25/1000 Indonesia

0,34 %
9 Kejadian pulang paksa ≤ 5 % 4,73 % 
10 Penegakan diagnosis TB melalui pemeriksaan mikroskopis TB ≥ 60% 100%
11 Terlaksananya kegiatan pencatatan dan pelaporan TB di Rumah Sakit ≥ 60% 100%
12 Kepuasan pasien ≥ 90% 84.75 % 

 

  1. Pelayanan bedah central.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil capaian
1 Waktu tunggu oprasi elektif 

 

≤ 2 hari 2,5 hari 
2 Kejadian kematian di meja operasi ≤ 1% 0% 
3 Tidak adanya operasi salah sisi 100% 100% 
4 Tidak adanya operasi salah orang 100% 100%
5 Tidak adanya kejadian salah tindakan pada operasi 100% 100%
6 Tidak adanya kejadian tertinggalnya benda asing pada tubuh pasien setelah operasi 100% 100%
7 Komplikasi anastesi karena overdosis, reaksi anastesi dan salah penempatan endotrakheal tube ≤ 6 % 0 %

 

  1. Persalinan dan Perinatologi.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1. Pemberi pelayanan persalinan dengan penyulit Tim PONEK yang terlatih 100%
2. Kemampuan menangani BBLR (1500-2500) 100% 97 %
3. Pemberi pelayanan persalinan normal a.      Dokter Sp. OGb.      Dokter Umum terlatih (Asuhan Persalinan Normal)

c.      Bidan

a , b, dan c100 %
4. Pertolongan persalinan SC ≤ 20% 64,38 % 
5. Kematian ibu karena persalinan a.    Perdarahan ≤1%b.   Pre-klamsi ≤ 30%

c.    Sepsis ≤ 0,2%

a.      0b.      12,5 %

c.      0

6. Pemberi pelayanan persalinan dengan tindakan operasi a.   Dokter Sp. OGb.   Dokter Sp. A

c.   Dokter Sp. An

   a, b dan c100 %
7. Keluarga Berencana1        Prosentase KB (vasektomi & tubektomi) yg dilakukan oleh tenaga kompeten dr.Sp.Og, dr.Sp.B, dr.Sp.U, dr. Umum terlatih

2        Prosentase peserta KB mantap yang mendapat konseling KB mantap bidan terlatih

1. 100%

 

 

 

 

 

2. 100%

1.   100%

 

 

 

 

 

2. 100%

8. Kepuasan Pelanggan  ≥ 80% 85,95 %

 

  1. Pelayanan Intensif.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1. Rata – rata pasien yang kembali ke perawatan intensif dengan kasus yang sama < 72 jam ≤ 3% 0,52 %
2. Pemberi Pelayanan Unit Intensif a.      Dokter Sp. An. dan dokter spesialis sesuai dengan kasus yang ditanganib.      100% perawat minimal D3 dengan sertifikat Perawat Mahir ICU/ Setara D 4 a.      100% 

 

 

 

b.      73,44 %

 

 

  1. Pelayanan Radiologi.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Waktu tunggu hasil pelayanan foto thorax ≤ 3 jam 5,58 jam 
2 Pelaksana Ekspertisi Dokter Spesialis Radiologi 100% 74,47 %
3 Kejadian kegagalan pelayanan Rontgen Kerusakan foto ≤ 2% 1,67 % 
4 Kepuasan Pelanggan ≥ 80 % 83,04 %

 

  1. Pelayanan Patologi Klinik.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil capaian
1 Waktu tunggu hasil pelayanan  Lab Patologi Klinik ≤140 menitKimia Darah & Darah Rutin 98,43 %
2 Pelaksana  Ekpertisi Dokter Spesialis PK 67,76 %
3 Tidak adanya kesalahan pemberian hasil pemeriksaan lab 100% 100%
4 Kepuasan Pelanggan ≥ 80 % 78,46 %

 

  1. Pelayanan Rehabilitasi Medik.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil capaian
1 Tidak adanya kejadian kesalahan tindakan rehabilitasi medik 100% 100%
2 Kejadian drop out pasien terhadap pelayanan rehab medic yang direncanakan ≤50% 8,49 %
3 Kepuasan Pelanggan ≥ 80 % 73,13 %

 

  1. Pelayanan Farmasi.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil capaian
1 Penulisan resep sesuai formularium 100% 100%Update paling

lama 3 tahun

2 Waktu tunggu pelayanan obat jadi ≤30 menit 11,80 menit
3 Waktu tunggu pelayanan obat racikan ≤60 menit 25,81 menit
4 Tidak adanya kejadian kesalahan pemberian obat 100% 100%
5 Kepuasan Pelanggan ≥ 80 % 78,15 %

 

  1. Pelayanan Gizi.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil capaian
1 Ketepatan Waktu  pemberian makanan kepada pasien ≤ 90 % 100%
2 Sisa makan yang tidak termakan oleh pasien ≤ 20 % 11,25 %
3 Tidak adanya kesalahan dalam pemberian diet diet 100% 100%

 

  1. Pelayanan Tranfusi Darah.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Pemenuhan kebutuhan darah bagi setiap pelayanan tranfusi 100% 100%
2 Kejadian reaksi tranfusi  ≤ 0,01% 0,0035 %

 

  1. Pelayanan Gakin.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Pelayanan terhadap pasien GAKIN yang datang ke rumah sakit pada setiap unit pelayanan 100% terlayani 100%

 

  1. Pelayanan Rekam Medik.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Waktu penyediaan dokumen Rekam Medik rawat jalan ≤10 menit 90 % 94,16 %
2 Waktu penyediaan dokumen rekam medic pelayanan rawat inap ≤15 menit 90 % 96,16 %
3 Kelengkapan pengisian rekam medic 24 jam setelah selesai pelayanan 100% 75 % 74,41 %
4 Kelengkapan informed concent setelah mendapatkan informasi yang jelas 100% 75 % 61,55 %

 

  1. Pengelolaan Limbah.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Pengelolaan limbah padat infeksius sesuai dengan aturan 

 

 

100% 100%
2 Baku mutu limbah cair a.      BOD <30mg/lb.      COD < 80 mg/l

c.      TSS <30mg/l

d.      PH 6-9

a.       BOD 21,65 mg/lb.      COD  47,60 mg/l

c.       TSS 21,5 mg/l

d.      PH 7,18

 

  1. Administrasi dan Manajemen.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Tindak lanjut penyelesaian hasil pertemuan direksi 100 % 100%
2 Kelengkapan laporan akuntabilitas kinerja 100 %( A: <75-85 ) B(87,5 )
3 Ketepatan waktu pengusulan kenaikan pangkat 100 % 100%
4 Ketepatan waktu pengurusan gaji berkala 100 % 100 %
5 Karyawan yang mendapat pelatihan minimal 20 jam setahun ≥ 60% 75,72 % 
6. Ketepatan waktu penyusunan laporan keuangan pada tanggal 20 bulan berikutnya 100% 99,99 %
7. Cost Of Recovery ≥ 40% 98,5 %
8. Kecepatan waktu pemberian informasi tentang tagihan pasien rawat inap ≤ 2 jam 1 jam
9 Ketepatan waktu pemberian imbalan (isentif) sesuai kesepakatan waktu setiap tanggal 27 100% 100%

 

  1. Pelayanan Ambulance dan mobil jenasah.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1. Ketersediaan pelayanan ambulance dan mobil jenasah terpisah 24 jam 24 jam
2. Kecepatan memberikan pelayanan ambulance/ kereta jenazah di Rumah Sakit ≤ 230 menit 5 menit
3. Respon time pelayanan ambulance oleh masyarakat yang membutuhkan Sesuai ketentuan daerah (5 menit ) 5 menit

 

  1. Perawatan Jenasah.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1. Waktu tanggap pelayanan pemulasaran jenasah ≤ 2jam  15 menit

 

  1. Pelayanan Laundry.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Ketepatan waktu penyediaan linen untuk ruang rawat inap 100% 100%
2 Tidak adanya kejadian linen yang hilang 100% 100%

 

  1. Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit.
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Waktu tanggap kerusakan alat ≤ 80% 100 % 
2 Ketepatan waktu pemeliharaan alat 100% 100% 

 

3 Peralatan Laboratorium dan alat ukur yang digunakan dalam pelayanan terkalibrasi tepat waktu sesuai dengan ketentuan kalibrasi 100% (hanya setiap bl Oktober) 100% 

 

  1. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).
No INDIKATOR Standar SPM Hasil Capaian
1 Ketersediaan APD di setiap instalasi 60% 100%
2 Ada anggota tim PPI yang terlatih Anggota tim PPI yang terlatih 75% 100% 
3 Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksi nosokomial/ HAI (Health Care Associated Infections) di rumah sakit (minimum 1 parameter) 75% 100%