ANTISIPASI VIRUS CORONA DAN PENYAKIT MENULAR LAINNYA, BRSU TABANAN OPERASIONALKAN RUANG ISOLASI TEKANAN NEGATIF

ANTISIPASI VIRUS CORONA DAN PENYAKIT MENULAR LAINNYA,  BRSU TABANAN OPERASIONALKAN RUANG ISOLASI TEKANAN NEGATIF

Saat wabah coronavirus menyerang dunia begitupun di Indonesia, pelayanan  public yang paling jadi sorotan adalah rumah sakit, terutama rumah sakit yang menjadi rujukan pasien corona. Keberadaan pasien yang positif terinfeksi corona virus menjadi hal yang MENAKUTKAN bagi pasien atau pengunjung rumah sakit. Begitu juga yang terjadi dengan BRSU Tabanan. Namun pelayanan harus tetap berjalan normal walaupun tidak maksimal.

Protokol pencegahan penyebaran covid19 telah kami terapkan sebelum pasien atau pengunjung memasuki area RS seperti melakukan skirining awal suhu tubuh,  menyediakan tempat cuci tangan, masker, hand sanitizer. Berbagai kebijakan diambil agar pelayanan di BRSU Tabanan tetap berjalan misalnya: pembatasan jam pelayanan, pegawai yang rentan terpapar disarankan bekerja dari rumah, ada jarak antara pasien dengan pemberi layanan Kesehatan, mengatur jarak tempat duduk antar pasien.

Pada ruang isolasi bertekanan negatif, udara di dalam ruang isolasi lebih rendah dibandingkan udara luar. Hal ini mengakibatkan tidak akan ada udara yang keluar dari ruangan isolasi, sehingga udara luar tidak terkontaminasi oleh udara dari ruang isolasi. Untuk metode pembuangan udara atau sirkulasi udara digunakan sistem sterilisasi dengan HEPA. Ukuran partikel virus yang sangat kecil mengakibatkan filtrasi yang sesuai diperlukan untuk memastikan mereka tidak berpindah. Udara dari Ruang Isolasi infeksi tidak disirkulasi ulang tetapi langsung dikeluarkan dan disaring di luar ruangan. Filter High-Efficiency Particle Air (HEPA) digunakan untuk menghilangkan partikel yang sangat kecil sehingga udara yang terbuang sudah bebas dari kuman dan virus.

Ruang isolasi bertekanan negatif ini umumnya digunakan untuk penyakit-penyakit menular khususnya yang menular melalui udara sehingga kuman dan virus tidak akan mengkontaminasi udara luar. Tidak hanya untuk penanganan COVID-19, namun ruangan ini juga dipersiapkan untuk merawat pasien penyakit menular lainnya seperti pasien TBC, MERS, SARS, Flu Burung dan penyakit menular lainnya yang mungkin muncul. Dengan adanya ruang isolasi bertekanan negatif diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit atau infeksi kepada pasien dan mengurangi risiko terhadap pemberi  layanan kesehatan serta mampu memutus siklus penularan penyakit.

#Brsudtabananhebat

#Bersamalawancovid19